PENGEMBANGAN EKONOMI MASJID MELALUI PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA, SERTIFIKASI HALAL, DAN LITERASI KEUANGAN ISLAM DEMI TERBENTUKNYA DESA WISATA HALAL YANG SUSTAINABLE DI DESA SIDOHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO
DOI:
https://doi.org/10.33005/sensasi.v5i2.316Keywords:
Literasi Keuangan Sosial Islam, Sertifikasi Halal, UMKMAbstract
Permodalan dan akses pembiayaan menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi mayoritas UMKM di Indonesia. Hal tersebut juga dihadapi oleh UMKM di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Sidoharjo terletak di dataran tinggi, sehingga memiliki beberapa potensi alam yang menarik untuk lebih dikembangkan. Saat ini pengelolaan sumber daya alam berupa tempat pariwisata dan kuliner masih dikelola oleh masing-masing kelompok sehingga belum memberikan hasil yang optimal. Di sisi lain, keterbatasan modal, kurangnya kesadaran terhadap produk dengan sertifikasi halal, serta minimnya sarana dan prasarana juga menjadi hambatan bagi perkembangan usaha wisata di Desa Sidoharjo. Mengacu pada permasalahan tersebut, program pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan yang berkaitan dengan minat berwirausaha, sertifikasi halal, dan literasi keuangan sosial Islam kepada masyarakat melalui kelompok pengajian/masjid dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keuangan sosial Islam yang dapat menjadi alternatif pembiayaan untuk pengembangan UMKM di Desa Sidoharjo.