PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI USAHA KULINER LALAPAN & ANGKRINGAN CAK TOMO
DOI:
https://doi.org/10.33005/sensasi.v3i01.38Keywords:
Usaha Kuliner, Promosi, Media Sosial.Abstract
Pengabdian Masyarakat kepada pemilik usaha kuliner Lalapan & Angkringan Cak Tomo yang terletak di Kota Malang bertujuan untuk memberikan opsi media promosi baru dengan menggunakan media social yaitu Instagram sehingga mampu meningkatkan margin keuntungan dan meluasnya pangsa pasar. Metode yang yang digunakan adalah tahap awal berupa sosialiasi pengenalan media social, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan serta pendampingan dalam menggunakan Instagram. Sebelumnya usaha kuliner Lalapan & Angkringan Cak Tomo hanya menggunakan promosi dari mulut ke mulut, sehingga konsumen yang datang terbatas. Promosi yang dilakukan melalui Instagram yaitu posting foto produk yang dapat menarik minat konsumen, iklan berkala yang ditampilkan pada story Instagram dan menggunakan jasa foodvloger dengan mempromosikan produk makanan di Instagram yang memiliki puluhan ribu follower. Setelah diadakan pelatihan dan pendampingan usaha kuliner Lalapan & Angkringan Cak Tomo mampu menggunakan Instagram secara optimal. Lalapan & Angkringan cak Tomo menata feed dengan foto-foto yang lebih menarik serta menata story yang memuat informasi yang dibutuhkan oleh konsumen, seperti menu dan harga, jam buka dan tutup, dan tata cara memesan melalui aplikasi online.