Strategi Menggali Potensi dan Peluang Usaha untuk Memperoleh Pendanaan Kartu Usaha Perempuan Mandiri (KURMA)

Authors

  • Tantina Haryati UPN Veteran Jawa Timur
  • Sofie Yunida Putri UPN Veteran Jawa Timur
  • Acynthia Ayu Wilasittha UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/sensasi.v2i1.55

Keywords:

Potensi Usaha, Peluang Usaha, Pendanaan Pemerintah, Women Entrepreneur

Abstract

Kesadaran masyarakat akan arti pentingnya wirausaha atau berstrategi untuk mencari peluang usaha dapat menekan jumlah pengangguran di Indonesia. Menyadari akan pentingnya potensi usaha, pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengadakan Program Kartu Usaha Perempuan Mandiri – KURMA – yang akan diberikan dalam bentuk Penghargaan kepada Kelompok Usaha Perempuan mandiri yang berbasis RT pada Kabupaten Sidoarjo melalui penilaian administratif dan teknis dilakukan secara berjenjang dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten oleh Pemerintah daerah setempat. Adapun kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam tiga rangkaian kegiatan. Program pertama terkait dengan pengendalian minat dan potensi usaha yang digali dengan melakukan survei dengan pengisian kuesioner disimpulkan bahwa hasilnya ibu-ibu lebih menyukai usaha mikro di bidang kuliner. Program kedua, untuk mendukung program pertama maka perencanaan bisnis plan dibuat untuk memudahkan usaha mikro yang dibuat. Dengan bisnis plan ibu-ibu menjadi lebih terencana ketika mengelola usahanya sehingga tingkat keberhasilan yang diinginkan bisa tercapai apalagi didukung oleh tawaran pendanaan dari pemerintah daerah yaitu KURMA yang membuat usaha menjadi lebih settle dalam bidang pendanaan. Program ketiga, pelaksanaan program ini lebih memperjelas target pasar yang diinginkan oleh seorang women entrepreneur, karena kita bisa memperjelas market place yang kita tuju sehingga hasil yang maksimal bisa tercapai.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Tantina Haryati, Sofie Yunida Putri, & Acynthia Ayu Wilasittha. (2023). Strategi Menggali Potensi dan Peluang Usaha untuk Memperoleh Pendanaan Kartu Usaha Perempuan Mandiri (KURMA). Jurnal Pengabdian Masyarakat SENSASI, 2(01), 23–29. https://doi.org/10.33005/sensasi.v2i1.55