Pengembangan Kewirausahaan Pasca Pandemi melalui Perancangan Desain Kemasan yang Efektif
DOI:
https://doi.org/10.33005/sensasi.v2i1.58Keywords:
Desain Kemasan, Pasca Pandemi, Pengembangan KewirausahaanAbstract
Abstrak. Pandemi mengakibatkan pola pikir masyarakat dalam mengkonsumsi produk mulai berubah. Selain itu, pandemi juga berdampak nyata pada pertumbuhan ekonomi. Para pelaku UMKM harus memiliki strategi yang tepat agar tetap dapat bertahan pasca terjadinya pandemi. Jenis UMKM sendiri beraneka ragam, jenis UMKM yang berbeda tentunya membutuhkan stratetgi dan perancangan produk yang berbeda. Isu kesehatan merupakan hal yang tidak dapat terhindarkan apabila membahas pandemi. Para pelaku UMKM apabila akan merancang desain produknya setlah ada pandemi harus turut mempertimbangkan dan mencantumkan informasi yang berkaitan dengan kesehatan, baik produk tersebut dijual dan dikemas secara higienis maupun penjual yang menjual telah terbukti kesehatannya, sehingga diperlukan adanya pemahaman dari para pelaku UMKM khususnya UMKM yang bergerak dibidang kuliner terkait strategi pengembangan kewirausahaannya melalui perancangan desain kemasan yang efektif pasca pandemi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam bentuk penyuluhan perancangan desain kemasan yang mana kegiatan ini dihadiri 27 orang pelaku UMKM yang bergerak pada bidang kuliner dan dilaksanakan pada pada hari Selasa, 29 Maret 2022 selama 120 menit sejak pukul 09.00 – 11.00 WIB yang berlokasikan di Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPT PPD) Surabaya Selatan.